Responsive Banner design
Home » » Atasi Sindrom Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Atasi Sindrom Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Banyak yang tidak sadar bahwa mata perih, berwana merah, gatal dan terasa kering merupakan gejala mata yang kering. Masalah Mata yang kering tidak bisa Anda sepelekan karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Guna menghindari masalah tersebut, berikut ini penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi masalah mata yang kering.

Atasi Sindrom Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Dry Eyes Sindrom
Sindrom mata kering merupakan kondisi dimana mata tidak mendapatkan lubrikasi dengan baik. Mata yang normal selalu mendapatkan suplai air mata untuk lubrikasi dan menjaga kelembapan mata agar tidak terjadi luka akibat gesekan.

Air mata mengandung berbagai bahan penting seperti air, minyak, protein, lendir dan antibodi guna mendukung fungsi penglihatan dan kesehatan mata. Mata yang kering dapat menyebabkan gesekan yang dapat melukai kornea mata dan peradangan pada mata atau konjungtivitis. Meskipun kasusnya jarang, mata yang kering dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Penyebab Mata Menjadi Kering
Mata yang kering umumnya disebabkan karena produksi air mata yang kurang optimal dan penguapan air mata yang berlebihan. Produksi air mata terjadi pada kelenjar lakrimal yang berada di bagian atas sudut mata, dimana produksinya diatur oleh beberapa hormon. Kekurangan air mata akan menimbulkan efek mata sepet dan kering.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan menurunnya produksi air mata seperti perubahan hormon, kondisi medis tertentu dan penggunaan obat-obatan tertentu. Kualitas air mata juga turut berpengaruh terhadap kelembapan mata. Kurangnya asupan gizi dan cairan yang dibutuhkan untuk pembentukan air mata membuat kualiatas air mata yang dihasilkan menjadi kurang baik.

Penguapan air mata sendiri dipengaruhi oleh aktivitas dan kondisi lingkungan. Aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti menatap layar gawai, membaca dan berkendara dapat menyebabkan penguapan air mata. Hal ini disebabkan karena ketika melakukan aktivitas tersebut reflek berkedip akan menurun.

Normalnya mata akan berkedip sebanyak 15 kali per-menit, namun ketika melakukan aktivitas fokus visual frekuensi berkedip menurun hingga 5 kali per-menit atau 3 kali lipat. Padahal berkedip merupakan cara mata melubrikasi dan merangsang kelenjar lakrimal mengeluarkan air mata. Hal inilah yang menyebabkan mata pegel dan kering dengan cepat.

Reflek berkedip yang menurun menyebabkan mata terbuka lebih lama dan air mata akan lebih mudah menguap. Penguapan tersebut akan semakin cepat jika kondisi lingkungan tidak mendukung, seperti ruangan ber-AC yang memiliki kelembapan rendah, tiupan angin dan suhu sekitar yang tinggi.

Cara mengatasi Mata yang Kering
Cara paling efektif untuk mengatasi mata yang kering adalah melembabkan kembali mata. Salah satunya adalah dengan menggunakan Insto Dry Eyes. Kandungan Insto Dry Eyes diformulasikan khusus untuk mengembalikan kelembapan mata dan mengatasi masalah mata yang kering. Selain itu kandungan antibakteri yang terkandung di dalamnya dapat mencegah terjadinya infeksi.

Cara Mencegah Mata Menjadi Kering
Menghindari faktor penyebab merupakan cara paling efektif, terutama faktor yang masih bisa diubah seperti aktivitas dan lingkungan. Ketika melakukan aktivitas fokus visual usahakan untuk berkedip secara sadar agar mata tetap terlubrikasi dan kelembapannya terjaga. Anda juga bisa mengurangi durasi aktivitas tersebut jika memungkinkan.

Anda juga bisa mengatur kelembapan ruangan agar penguapan bisa diminimalisir. Jika Anda bekerja dengan layar, Anda bisa mengatur kecerahan layar senyaman mungkin dengan mata Anda serta menggunakan lensa anti radiasi dan anti sinar ultraviolet agar mata Anda tidak cepat lelah dan kering.

Setelah memahami penyebab dan cara mengatasinya, masalah mata yang kering bisa dihindari dan diminimalisir. Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas fokus visual tinggi pastikan istirahat dengan cukup, karena mata lelah saat bekerja dapat mempercepat mata menjadi kering dan pastikan selalu sedia Insto Dry Eyes untuk pencegahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.