Responsive Banner design
Home » » 3 Penyebab serta Tutorial Membenahi Speedometer Motor Mati alias Rusak

3 Penyebab serta Tutorial Membenahi Speedometer Motor Mati alias Rusak

Speedometer motor mati? Persoalan ini sangat tak jarang terjadi, mulai dari motor matic, bebek, sampai motor sport. Speedometer adalah alat pengukur kecepatan pada kendaraan, perangkat ini adalah salah satu perlengkapan standar untuk kendaraan bermotor, kegunaaannya supaya pengendara mengenal kecepatan kendaraannya saat mengemudi jadi bisa mengaturnya.

Jenis speedometer pada motor ada 3 macam, yaitu:

Speedometer mekanis
Cara kerja speedomater mekanis biasanya memakai roda depan sebagai acuan untuk mengenal kecepatan, yaitu dengan menggubungkan perangkat speedometer serta sumbu roda memakai sebuahkabel khusus, pada saat roda berputar maka ujung kabel ikut berinteraksi jadi bisa menggerakan jarum speedometer.


Speedometer elektronik
Pengukur kecepatan yang satu ini bekerja memakai sensor yang biasanya diletakkan pada poros penggerak pada kendaraan, sensor tersebut bisa mendeteksi berapa jumlah putaran poros, selanjutnya di semakinkan ke speedometer melewati sebuahperangkat pembaca sensor yang nantinya diolah serta bisa dilihat oleh pengendara, entah itu analog alias digital.

Speedometer GPS
Sistem speedometer GPS ini lebih canggih, dengan memakai perubahan koordinat kendaraan saat melaju kemudian diolah jadi menghasilkan kecepatan kendaraan, data koordinat diperolah dari satelit. Keunggulan memakai sistem GPS ini bisa mengurangi jumlah kabel yang dipakai, jadi kendaraan lebih rapi.

Hari ini jagatotomotif bakal mengulas penyebab serta tutorial menanggulangi speedometer motor yang mati, speedometer yang bakal dibahas yaitu speedometer mekanis, sebab sebagian besar kendaraan roda dua di Indonesia tetap memakai speedometer mekanis.

Saya sendiri sebagai penulis sempat mengalami persoalan speedometer mati, sampai tulisan ini dibangun speedometer yang saya gunakan tetap rusak,hehe. Kejadiannya dulu motor sempat ambruk serta tak lama seusai itu speedometer mati, entah waktu kejadian tersebut speedometer terbentur alias tak saya tak lebih memperhatikan sebab tak terpikirkan juga kalau akhirnya speedometer rusak, telah dibawa ke bengkel resmi katanya suruh ganti baru harganya 400rb apa 500rb saya lupa, tapi tak saya ganti sebab mahal,hehe Banyak cerita, langsung saja ini dirinya penyebab serta tutorial membenahi speedometer motor mati:

Kabel speedometer
Cek kabel speedometer, biasanya yang terhubung dari speedometer ke tahap gearbox speedometer pada sumbu roda depan, cari tahu apakah kabel putus alias rusak, bisa juga dikarenakan sebab kabel tertekuk alias berminat.
Kabel berkarat juga bisa jadi penyebab speedometer mati, coba lepaskan kabel dari gearbox pada sumbu ban, serta tari kabel sedikit serta hati-hati, apabila pas kamu tarik tersendat serta tersedia karat mungkin dikarenakan ada air yang merembes kedalam alias usia kabel telah usang segera ganti kabelnya, bisa jadi ini penyebabnya.

Gearbox speedometer
Bagi yang belum, tau gearbox speedometer ini tersedia pada sumbu roda depan, yang menghubungkan kabel dengan roda, kegunaaannya untuk mengalirkan tenaga dari roda ke kabel entah berputar alias bergeser. Persoalan yang tak jarang terjadi pada gearbox adalah:

  • Pada saat pemasangan gearbox tak lebih teliti jadi tak pas, ini bisa menyebabkan ajaran tenaga dari roda tak teralirkan sepenuhnya ke speedometer, jadi speedometer mati.
  • Gearbox mengalami pecah alias reta, bisa dikarenakan benturan keras.
  • Gearbox telah aus alias telah usang, coba cek gigi didalam gearbox apakah telah terkikis menjadi kecil alias belum, apabila telah terkikis segera ganti yang baru.


Speedometer
Apabila tak ada persoalan pada kabel serta gearbox, bisa jadi speedometer kamu yang berpersoalan, semacam:

  • Biasanya gear lepas alias rusak
  • Per yang berkegunaaan untuk menggerakkan jarum patah
  • Jarum pada speedopeter tersendat
  • Bagian dalam speedometer berkarat

Semacam pengalaman yang saya ceritakan tadi, mungkin speedometer pada motor saya rusak di dalamnya, soalnya ketika dipakai untuk berkendara mengeluarkan bunyi semacam ada gear yang lepas serta jarum tak bergerak, seusai itu saya cabut kabelnya supaya tak mengeluarkan bunyi lagi, tapi ya speedometer tetap mati.

Apabila telah tahap peranggat speedometernya yang rusak maka bakal susah untuk diperbaiki, saran saya adalah mengganti speedometer dengan yang baru, alias kalau tak bawa dulu ke bengkel yang terpercaya yang sekiranya bisa menangani persoalan speedometer tersebut. Itulah penyebab serta tutorial membenahi speedometer motor mati alias rusak semoga kawan-kawan bisa terbantu, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.